Beberapa Larangan di Jepang


Bacakun - Hai sobat Bacakun! Bagaimana kabarnya? Oke kali ini saya akan membagikan informasi lagi, yaitu beberapa larangan yang ada di Jepang. Hal hal ini dianggap tidak pantas, jadi jika kamu yang akan ke Jepang untuk liburan dan lain-lain saya sarankan jangan lakukan hal-hal berikut ini, silahkan dibaca! 


Memberikan Tip

Biasanya, kita kalau di restoran Indonesia sering memberikan tip karena kita malas membayar langsung atau sedang buru-buru pergi karena ada urusan. 

Tetapi sebaiknya kamu jangan memberikan tip pada saat di Jepang, karena itu dianggap tidak menghormati status pramusaji dan kamu dianggap merendahkan mereka. 

Makan dan Minum Sambil Berjalan

Kita kalau di Indonesia mungkin ini juga termasuk larangan ya, tetapi sebagian besar orang melakukan hal ini. Sebaiknya jika kamu di Jepang, jangan melakukan hal ini, tetapi mungkin kalau di event festival boleh. 

Langsung Asal Berendam di Onsen

Onsen adalah sebutan untuk kolam air panas, nah jika kamu ingin berendam di air panas onsen maka hal yang harus kamu lakukan adalah mandi terlebih dahulu di sento atau sebutannya pemandian umum agar kamu bisa berendam di onsen dengan tenang hehe. 

Selain itu, kamu juga jangan mengotori tempat pemandian air panas onsen. Tahu sendiri lah apa alasannya. 

Duduk di Bangku Prioritas Walaupun Kosong

Kalau di Indonesia ini dianggap wajar bukan? Tetapi kalau di Jepang ini dianggap dilarang karena hanya yang berhak yang boleh duduk di bangku prioritas ini, yaitu pekerja yang sedang mabuk, manula (lanjut usia), wanita yang sedang hamil, orang penyandang cacat / sakit, wanita yang membawa bayi. 

Berbicara Keras Saat di Transportasi Umun

Bagi kamu yang berada di bus, kereta dan sebagainya saat di Jepang sebaiknya kamu jangan teriak, berbicara lancang atau keras karena itu dianggao tidak sopan, karena mengganggu kenyamanan orang lain. Maka dari itu orang-orang Jepang sangat jarang sekali mengobrol saat di transportasi umum. 

Minum Tanpa Mengucapkan 'Kanpai!'

Kanpai dalam bahasa Jepang berarti bersulang. Jika kamu bersama teman Jepangmu sebelum menenggak minuman sebaiknya saling mengucapkan 'kanpai' dan jangan langsung minum sendirian karena kalau minum sendirian itu dianggap sombong, egois dan kurang ajaran. 

Tidak Membungkuk Kepada Orang Lain

Kamu seharusnya membungkuk kepada jika bertemu orang yang tidak dikenal atau orang lebih tua seperti etika di Indonesia. Karena kalau kamu tidak menbungkuk, maka kamu dianggap tidak sopan, kurang ajaran dan sombong serta kasar. 

Memetik Bunga Sakura

Bunga Sakura dikenal sebagai bungs yang cantik di Jepang karena merupakan keunikan yang indah disana. Tetapi kamu tidak boleh memetik bunga pohon sakura karena kamu akan dianggap pencuri atau pencuri keunikan milik negara lain. 

Membuang Sampah Sembarangan

Nah, kalau ini dan beberapa di atas tadi ada peraturannya di Indonesia bukan? Tetapi sering kita abaikan, sebaiknya kamu buang sampah di tempatnya (tong sampah) karena masyarakat Jepang sangat menyukai kebersihan dan kedisiplinan. 


Baik, itu tadi beberapa larangan yang ada di Negeri Sakura, Jepang. Alangkah baiknya kita mematuhi aturan negara lain karena itu sangat wajib. Bagi kamu yang ingin pergi ke Jepang perhatikan hal-hal diatas ya sobat walaupun sepele. Oke terima kasih sudah membaca info ini, Salam Baca-Baca-Kun! Terima kasih! 

5 Responses to "Beberapa Larangan di Jepang"

  1. Sipp ditingkatkan lagi dalam penyampaian beritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks, kami akan mengembangkan Bacakun semaksimal mungkin!

      Delete
  2. Blog walking masih zaman bang. Bukyinya saya jg pemula masih melakukan seperti itu.

    ReplyDelete
  3. sukses selalu ngeblognya tambah pengethauan terima kasih

    ReplyDelete