Mencoba Cerita Mengenai Begadang, Apa Saja yang Dilakukan dan Sedikit Tips


Bacakun | Begadang merupakan kegiatan dimana kita menghabiskan waktu satu malam dengan penuh kesadaran melakukannya tanpa beristirahat, walau ada juga yang beristirahat lalu lanjut lagi. Tidak tahu kenapa, mungkin memiliki alasan tersendiri yang mengharuskan seseorang untuk begadang pada tengah malam lalu tidur, bahkan bisa sampai subuh dan tanpa tidur sekalipun. 

Hai, kembali lagi membaca di Bacakun! Semoga apa yang Anda baca kali ini dapat menambah wawasan Anda mengenai hal yang akan saya ceritakan. Jadi begini, saya akan menceritakan pengalaman saya dan mungkin juga orang lain ketika begadang, mulai dari apa saja yang dilakukan, tips mencegah, tips agar berjalan lancar, pemikiran saya, hingga kenapa saya memutuskan sesekali untuk begadang. 

Baik saya mulai, disini saya juga membuka diskusi bagi Anda yang mungkin ingin berbagi cerita mengenai begadang ini sendiri sebelum saya mulai, jadi kita dapat berbagi pengalaman jika Anda berkenan saja. Pasti Anda pernah mencoba untuk begadang, ya tidak semuanya sih menginginkan apa yang dinamakan begadang. 

Begadang terkadang sering dilakukan ketika kita menginginkannya, juga tidak menginginkannya. Penyebabnya ada banyak seperti tuntutan pekerjaan, adanya kegiatan yang hanya bisa dikerjakan tengah malam saja, hingga keinginan hiburan yang mendesak kita untuk melakukan hal tersebut. Akan tetapi sebaiknya memang jangan dilakukan secara sering, bahkan menjadi rutinitas. 

Karena apa? Ya memang tidak baik untuk kesehatan. Walau begitu saya juga sering melakukannya dalam satu minggu sekitar 1-3 sudah cukup bagi saya. Hal tersebut saya lakukan karena mengingat kondisi lingkungan sekitar yang tidak dirasa nyaman untuk melakukan aktivitas di siang hari, baik karena faktor tertentu misalnya kebisingan, maka saya memilih waktu malam yang terasa sunyi dan tenang. 

Suasana pada tengah malam ketika begadang memang sangat tenang, bahkan jika Anda tinggal di lingkungan pedesaan atau kota yang jauh dari ramainya lalu lalang yang sering adanya. Lalu, apa saja yang mungkin bisa terjadi ketika begadang itu menghampiri diri kita lalu niat dan melakukannya? Kurang lebih seperti berikut ini. 

Mungkin Anda ingin memainkan sebuah video game dan sebagainya. Memang di dunia yang serba canggih ini tidak lepas dari adanya program hiburan yang dinamakan game. Selain untuk menghilangkan rasa jenuh, tidak sadar malah menjadi kebiasaan yang mungkin buruk, tetapi ada baiknya juga seperti membuat konten sesuatu hingga alasan positif sebagainya. 

Memang jika kita menginginkan bermain game ya boleh saja, tetapi juga memperhitungkan waktu ketika hendak bermain dan tidur, tetapi nampaknya berbeda jika memang sudah niat melakukannya sambil begadang hingga waktu subuh atau pagi hari. Sebaiknya Anda ditemani segelas minuman mengandung kafein dan juga makanan ringan disebelah Anda supaya tidak ketiduran dan tidak lupa bergerak. 

Kemungkinan kedua pasti maraton sebuah seri film yang banyak episode bahkan season, apalagi film tersebut sedang hangat diperbincangkan atau perilisan baru, ya sebagainya. Atau memang ingin saja menontonnya karena belum sempat tertonton, mungkin juga mengusir rasa kesepian ditengah malam hingga melewati waktu-waktu malam Anda sampai pukul berapa yang diinginkan, mungkin konyol tetapi mungkin tidak. 

Seperti halnya bermain game tadi, sebaiknya juga ditemani makanan ringan atau segelas minuman, bisa juga ditemani teman yang sedia begadang bersama Anda, bervariasi yang bisa dilakukan. Biasanya jika seseorang yang streaming menggunakan paket malam untuk menonton hanya pada saat itu. 

Paling penting dan sering terjadi ketika begadang itu untuk masalah karier atau tugas yang wajib kita kerjakan. Bayangin aja ketika terdapat kewajiban menyelesaikan sesuatu, namun kita tidak secepat flash dalam berlari, maksud saya bertindak ketika menyelesaikan sesuatu. Pasti kemampuan terbatas, dan juga tenaga pula. Walau begitu waktu selalu berjalan hingga tidak sadar telah mendatangi tengah malam. 

Waktunya tidur? Mungkin tidak bagi sang kalong, sebutan bagi seseorang yang sudah sering menjalani aktivitasnya didepan komputer, hp atau suatu kertas tugas lain yang harus diselesaikan sebelum deadline menghampiri. Mungkin lebih tepat jika saya menyebut kalong atau kalongers yang memanfaatkan waktu tengah malam untuk begadang men-download sesuatu lewat paket internet malamnya. 

Semua itu memang bisa saja dikerjakan ketika begadang, namun apa lagi yang bisa dikerjakan pada saat melewati malam tersebut? Berdasarkan pengalaman, mungkin saja memikirkan sesuatu seperti rencana kedepannya, imajinasi belaka, atau berusaha memahami situasi ketika dia tidak mengertimu, tidak tidak saya bukan seorang yang romantis. Mungkin memikirkan pembelajaran jika orang yang menyukai hal-hal mengenai logika dan sains. 


Selain itu apa lagi sekiranya? Mungkin mengikuti ronda malam ketika hidup di pedesaan, sekedar mengumpul bersama teman merupakan hal yang lumrah terjadi. Apapun alasannya sepertinya kita harus selalu menjaga diri dalam pengendalian hal-hal yang dilakukan saat begadang tersebut. Apalagi pemerintah sudah menghimbau untuk tetap dirumah saja bukan? Virus memang sangat berbahaya, Anda seharusnya tahu betul itu. 

Memang gambar yang saya tampilan itu seperti tidak niat, tetapi aslinya saya niat membuat itu agar terkesan menjadi ciri khas tetapi nampaknya masih susah melakukan seperti artikel ini. Terima kasih bagi Anda yang masih membaca cerita yang mungkin kurang berfaedah tetapi bisa jadi berfaedah, tergantung Anda sendiri. Saya membuatnya berdasarkan apa yang saya amati belakangan ini. 

Apakah Anda pernah merasa tertekan atau mengalami hidup yang begitu-begitu saja? Ya, seperti sebuah lagu yang mengatakan semua anak mengalami depresi, termasuk saya juga pernah mangalaminya. Jadi hal tersebut sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang menjalani hidup ketika sudah berjuang sekuat tenaga, namun malah menghadapi hasil yang tidak seperti yang kita duga selama ini. 

Cukuplah kita untuk bersabar dan selalu menghadapi apapun masalah yang menimpa, bukan bermaksud saya ingin menginspirasi hanya saran saja. Bisa Anda terima atau tidak itu terserah Anda, yang jelas saya mencoba untuk memahami dan sedikit bercerita saja mengenai apa yang saya pikirkan terutama saat begadang, buktinya Anda masih membaca sampai disini. Oke lanjut? Baiklah. 

Jujur, saya ketika begadang melakukan hal yang disenangi seperti bermain game mengejar ketertinggalan atau menjalankan kewajiban. Selain itu jugs sedikit berpikir dan belajar mengenai pola pikir baru yang lebih imajinatif lagi bagi apa yang saya anggap cocok untuk diri sendiri. Selain itu sesekali juga meditasi, menenangkan diri dari apa yang disebut sebagai keramaian dan apakah bisa menggapai sebuah impian. 

Dari sekian mimpi yang telah saya alami, beraneka macam yang tersajikan. Memang itu merupakan gambaran dari hasil pola pikir kita ketika menangkap sesuatu yang bisa dimasukkan kedalam ingatan. Walaupun fiksi dalam tidur, terkadang mimpi lebih menakjubkan dari yang kita kira. Bayangkan saja jika menjadi raja di dunia fantasi, berpetualang isekai seperti yang dikatakan para wibu, dan sebagainya. 

Tetapi itu semua tidak sepahit rasa begadang. Susah tidur, lelah, tetapi mencoba ingin untuk tetap lanjut memang hal yang mendasar bagi seorang yang mengalami kebosanan atau pemusatan sesuatu kepada kegiatan begadang ini. Sesekali melupakan hal yang telah berlalu dan mencoba berpikir sendiri karena mungkin saja diluar sana orang-orang hanya munafik kepadamu. 

Kembali ke topik saja ya daripada membaca sedikit pemikiran saya tadi yang terkesan seperti pemikir atau pemimpi yang bodoh. Ada banyak cara menurut saya dan mungkin Anda bisa nengembangkan cara yang akan saya berikan berikut ini nanti mengenai cara mencegah hal terkait begadang dan agar tetap lanjut. 

Salah satu cara mencegah begadang yaitu Anda memang tidak berniat untuk begadang, coba sesekali bayangkan Anda untuk segera tidur di kasur yang empuk dan juga nyaman dengan dunia mimpi yang siap menyambut Anda seolah-olah telah berada diluar gerbang dunia tersebut. Memang terkesan mengada-ada tetapi coba pikirkan. 

Janga meminum minuman mengandung kafein, serts makan yang cukup merupakan hal yang bisa membuat Anda mengantuk karena hal yang wajar jika manusia merasakan ngantuk, terlebih di malam hari. Wajar bahkan dikatakan pola hidup yang sehat jika Anda tidur malam hari tanpa hambatan, bukan layaknya seorang yang begadang. 

Mungkin ada alasan lain untuk Anda tidak begadang seperti tidak terlalu memikirkan suatu hal dengan berat sampai berpikir semalaman atau anak muda sekarang yang mungkin menangis akibat masalah percintaan dan banyak hal lain sebagainya. Lalu kita membahas bagaimana cara agar begadang itu lancar? Ya berikut ini. 

Coba Anda tetap pastikan untuk bergerak untuk melakukan sesuatu selama proses begadang berlangsung. Wajar saja melakukan sesuatu karena memang begadang mengerjakan sesuatu, tidak hanya berdiam diri, bukankah berpikir dan sebagainya juga gerak, tetapi di dalam diri kita. Coba sesekali mencuci muka agar segar dan tidak nampak lesu. 

Minum kopi memang nikmat untuk menemani Anda melakukan aktivitas begadang di dalam hari. Selain hangatnya, jugs menjadi pengalaman tersendiri menikmati kesunyian yang terasa hanya berlalu cepat, namun jika dirasakan memang lama. Jangan terlalu banyaj makan makanan berat agar diri Anda tetap terbangun dan tidak merasakan kantuk. 

Fokus saja pada hal yang Anda kerjakan malam saat begadang itu. Jika telah selesai begadang, Anda bisa mencoba meminum sesuatu yang mengandung kafein lagi, coba saja lain seperti teh hangat di pagi hari, mencoba meregangkan tubuh, tidur siang hari tetapi jangan terlalu lama sampai kebablasan sore hari merupakan hal yang mungkin bisa Anda lakukan dengan inisiatif sebagai manusia butuh istirahat. 


Banyak hal yang bisa dilakukan ketika begadang di malam hari, apapun alasannya lebih baik jangan dilakukan jika tidak ada maksud yang kuat. Mungkin cerita saya tadi sedikit kurang bisa dimengerti sebagian orang, tetapi semoga Anda bisa mengerti dari sedikit, maksud saya lumayan banyak dari cerita tadi. 

Begadang memang menarik buat kita yang tidak memiliki banyak waktu dan memanfaatkannya di malam hari hingga pagi, tetapi juga harus dipikirkan pula resiko kesehatan yang berbahaya jika keseringan melakukan hal tersebut. Apapun alasannya, harus kesehatan menjadi yang utama. 

Jika Anda rasa menarik membuat cerita seperti ini, kedepannya akan saya buat lagi mengenai hal lainnya terkait apa yang pernah saya alami dan semoga bermanfaat bagi kita semuanya dalam menjalani kehidupan ini. Tetap stay di rumah saja, dan jangan terus-terusan begadang. Sekian, salam Bacakun! 

0 Response to "Mencoba Cerita Mengenai Begadang, Apa Saja yang Dilakukan dan Sedikit Tips"

Post a Comment