[SEJARAH INDONESIA SMA] Beberapa Contoh Soal-Jawab Disertai Pembahasan!
Bacakun | Sejarah Indonesia merupakan bidang studi mata pelajaran yang terdapat untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) / MA sederajat. Mata pelajaran ini tersedia untuk semua jurusan di SMA, seperti IPA, IPS, dan Bahasa. Namun di dalam jurusan IPS, terdapat mata pelajaran sejarah lainnya, yaitu Sejarah Peminatan khusus jurusan tersebut.
Lalu apa bedanya Sejarah Indonesia dan Sejarah Peminatan? Intinya, dalam mata pelajaran Sejarah Indonesia tentu saja membahas mengenai kisah dahulu yang terjadi di Nusantara, mulai dari manusia purba, kerajaan-kerajaan, masa kolonial, hingga tegaknya Indonesia.
Lalu, Sejarah Peminatan sendiri lebih membahas mengenai peristiwa dulu yang ada di dunia, seperti Perang Dunia, Organisasi Dunia, walau terkadang ada penambahan atau pengikutsertaan materi Sejarah Indonesia didalamnya.
Hai, kembali lagi membaca di Bacakun! Semoga pengetahuan yang kita dapatkan berguna suatu saat. Kali ini kita akan membahas mengenai contoh soal dan jawaban yang disertai pembahasan mengenai mata palajaran ini, Sejarah Indonesia jenjang SMA yang mungkin sering ada / menjadi bahan ajar di ujian nasional.
Saya bukannya sok pintar mengenai pembahasan tentang jawaban dari soal yang akan disajikan nanti. Maka dari itu, jika ada pembahasan yang kurang benar atau berbeda pendapat antara kita semuanya mari kita bahas, secara logis tentunya! Langsung saja kita mulai!
SEJARAH INDONESIA (SMA)
1. Perhatikan daftar pernyataan dibawah ini!
- rekaman pidato
- patung dan bangunan
- hasil wawancara
- surat perjanjian
- kesaksian narasumber
Dari pernyataan diatas, yang merupakan sumber sejarah lisan adalah...
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5 ✓
C. 2, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4, dan 5
Pembahasan: Sumber sejarah ada 3, yaitu sumber tertulis, sumber lisan, dan sumber benda. Sumber tertulis contohnya prasasti, surat perjanjian, buku sejarah, dan sebagainya. Sumber lisan contohnya kesaksian sejarah, hasil wawancara, rekaman pidato, dan sebagainya. Sumber benda contohnya patung tokoh sejarah, bangunan peninggalan, artefak, dan sebagainya.
2. Perhatikan data dibawah ini!
- Zaman Perkembangan Hindu-Buddha
- Zaman Perkembangan Islam
- Zaman Revolusi Indonesia
- Zaman Kolonialisme Belanda
- Zaman Pendudukan Jepang
Urutan periodisasi zaman sejarah di Indonesia yang tepat adalah...
A. 1-2-4-5-3 ✓
B. 1-2-3-4-5
C. 3-2-1-4-5
D. 5-1-4-2-3
E. 2-3-1-5-4
Pembahasan: Dapat disimpulkan bahwa di Indonesia saat ini terbagi dalam 5 periodisasi sejarah, yaitu zaman Hindu-Buddha (sekitar 400/500 M - 1600 M), zaman Islam (sekitar 800/1300 M - 1600/1700 M), zaman Kolonial (1600/1700 M - 1942 M), zaman Jepang (1942 - 1945), dan zaman Revolusi (1945 - 1949).
3. Secara geografis, letak Kerajaan Mataram dikelilingi oleh rangkaian pegunungan dan sungai sekitarnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, mata pencaharian masyarakat di Kerajaan Mataram adalah...
A. Nelayan
B. Petani ✓
C. Pedagang
D. Pemahat
E. Undagi
Pembahasan: Kerajaan Mataram merupakan suatu kerajaan yang sekarang terletak di wilayah Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan dan sekitarnya. Wilayah ini dikelilingi oleh berbagai gunung dan sungai, sebagai contohnya Gunung Merapi dan Sungai Bengawan Solo. Gunung menyediakan abu yang menyuburkan tanah, sementara sungai menyediakan air untuk irigasi dan kebutuhan lainnya. Maka dari itu, wilayah tersebut cocok sebagai agraris dengan pekerjaan utama petani.
4. Berikut ini yang dilakukan bangsa Indonesia menjelang peristiwa proklamasi kemerdekaan, kecuali...
A. Menetapkan pemimpin perwakilan tiap provinsi ✓
B. Menculik golongan tua ke Rengasdengklok
C. Mempersiapkan teks proklamasi
D. Memenuhi undangan Jenderal Koiso ke Dalat, Vietnam
E. Mendengar kabar kekalahan Jepang melalui radio
Pembahasan: Keempat pernyatan diatas benar semua, kecuali opsi A yaitu penetapan pemimpin / perwakilan / saat ini gubernur di tiap-tiap provinsi. Hal tersebut dikarenakan Indonesia sendiri baru membagi Indonesia menjadi delapan provinsi dan menetapkan pemimpin-pemimpinnya setelah Indonesia merdeka dalam rapat PPKI.
5. Berikut hasil diplomasi Indonesia yang berhasil dilakukan:
- Diakui secara de facto atas wilayah Sumatra, Jawa, dan Madura
- Akan dibentuk UNI Indonesia-Belanda
- Diakuinya wilayah Sumatra, Jawa Tengah, dan Yogyakarta
- Akan dibentuk negara RIS
- Masalah Irian Barat akan segera diselesaikan setelah pengakuan kedaulatan
Dari pernyataan diatas, yang merupakan hasil dari perjanjian Linggarjati adalah...
A. 1, 2, dan 5
B. 2, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 5
D. 1, 2, dan 4 ✓
E. 3, 4, dan 5
Pembahasan: Pernyataan pada nomor 1,2, dan 4 merupakan hasil perjanjian Linggarjati yang telah disepakati, sedangkan nomor 3 adalah hasil dari perjanjian Renville dan nomor 5 adalah hasil dari perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB).
6. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
- Sistem ekonomi Indonesia yang masih bercorak kolonial
- Jumlah mata uang dengan jumlah barang yang beredar tidak seimbang
- Banyak pengusaha pribumi yang mengalihkan usahanya kepada non-pribumi
- Lemahnya pengusaha pribumi dalam persaingan dengan pengusaha bangsa asing
Pernyataan yang tepat mengenai alasan dilakukannya Gerakan Benteng oleh Sumitro Djojo Hadikusumo adalah...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4 ✓
D. 3 dan 4
E. 2 dan 3
Pembahasan: Pernyataan nomor 1 dan 4 sudah benar tentang alasan dilakukannya gerakan tersebut. Nomor 2 bukan, karena pernyataan itu adalah alasan dilakukannya senering yang disebut Gunting Syafruddin. Lalu, nomor 3 juga bukan, karena alasan tersebut adalah alasan gagalnya Sistem Ekonomi Ali Baba.
7. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
- Mendirikan negara dengan dasar syariat Islam di Indonesia
- Mempertahankan bentuk Negara Federal Pasundan di Indonesia
- Mempertahankan adanya tentara sendiri pada setiap bagian negara RIS
- Memisahkan diri dari NIT dan RIS
Dari pernyataan diatas, yang merupakan tujuan pemberontakan APRA ditunjukkan nomor...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 1 dan 4
D. 3 dan 4
E. 2 dan 3 ✓
Pembahasan: Pernyataan nomor 2 dan 3 sudah benar mengenai tujuan diadakannya pemberontakan APRA. Nomor 1 salah karena pernyataan tersebut merupakan tujuan pemberontakan DI/TII yang dipimpin oleh Kartosuwiryo, sedangkan nomor 4 adalah tujuan pemberontakan RMS pimpinan Soumokil.
8. Perhatikan data dibawah ini!
- Christopher Columbus
- Cornelis de Houtman
- Ferdinand Magellan
- Bartholomeus Diaz
- Vasco da Gama
- Sir Francis Drake
Dari pernyataan diatas, tokoh penjelajah samudra yang dilakukan oleh bangsa Spanyol ditunjukkan pada nomor...
A. 1 dan 3 ✓
B. 1 dan 2
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3
E. 3 dan 4
Pembahasan: Christopher Columbus dan Ferdinand Magellan merupakan contoh penjelajah samudra bangsa Spanyol. Sedangkan Cornelis de Houtman adalah penjelajah bangsa Belanda. Lalu Bartholomeus Diaz dan Vasco da Gama adalah penjelajah Portugis, serta ada Sir Francis Drake yang merupakan penjelajah Inggris.
9. Pernyataan dibawah ini yang bukan merupakan kebijakan kehidupan politik pada masa reformasi adalah...
A. Kebijakan pemerintah dengan memberikan ruang lebih luas terhadap hak-hak mengeluarkan pendapat, baik lewat lisan maupun tulisan dengan partai politik multi partai.
B. Pemerintahan mengusahakan sistem yang bersih, berwibawa, dan bertanggung jawab dengan tindak lanjut pemberantasan korupsi.
C. MPR menjadi lembaga yang berani mengambil tindakan politis melalui sidang tahunan, serta berani memecat presiden dalam sidang istimewanya jika dianggap tidak memenuhi tanggung jawab.
D. Masa jabatan presiden paling banyak dua kali masa jabatan. Presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat, dan MPR menjadi lembaga yang sejajar dengan presiden, MA, dan BPK.
E. ABRI memiliki dwifungsi, yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara, kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara ✓
Pembahasan: Pernyataan tentang dwifungsi ABRI itu salah karena bukan termasuk kebijakan politik masa reformasi dan telah dibatasi. Pernyataan tersebut merupakan kebijakan yang telah ditetapkan pada masa Orde Baru oleh Jenderal A.H. Nasution. Masa reformasi ditandai dengan kebebasan yang lebih lanjut tentang nasib rakyat.
10. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mendorong bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra adalah...
A. Jatuhnya Yerusalem ke tangan Salahuddin al-Ayyubi ✓
B. Jatuhnya Konstantinopel pada tahun 1453 ke tangan Turki Utsmani
C. Mewujudkan semboyan 3G, yaitu Gold, Glory, dan Gospel
D. Pembuktian mengenai bumi bulat oleh Copernicus
E. Adanya semangat reconquesta
Pembahasan: Keempat pernyataan diatas benar semua, kecuali opsi A karena Salahuddin al-Ayyubi menguasai Yerusalem ketika Perang Salib Kedua, dan tentu tidak ada hubungannya dengan faktor penjelajahan samudra, karena rentang waktunya sangat jauh.
Itu tadi beberapa contoh soal-jawab disertai pembahasan mengenai persoalan pilihan ganda yang dibahas. Sengaja soal dibuat berbeda dari soal-soal biasanya, baik dari segi soal maupun pilihan, jika ada kesamaan dengan soal lainnya tidak disengaja.
Terima kasih telah membaca pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan kurang lebihnya mohon maaf. Salam Bacakun!
0 Response to "[SEJARAH INDONESIA SMA] Beberapa Contoh Soal-Jawab Disertai Pembahasan! "
Post a Comment