Beberapa Alasan Seseorang Introvert


Bacakun — Introvert adalah seseorang yang suka berorientasi kedalam diri mereka sendiri alias menutup diri mereka dari hubungan dunia luar. Kadang mereka disebut sebagai orang yang anti sosial dan lebih menyukai kesendirian daripada keramaian. Alasan mereka juga beragam macamnya, baiklah langsung saja ini dia beberapa alasan seseorang menjadi introvert. 

1. Lebih Kreatif Saat Sendiri
Para introvert mengaku lebih suka sendiri karena dapat menimbulkan pemikiran yang kreatif dan imajinatif. Berbeda kalau sedang bersama teman-teman mereka yang kemungkinan kreativitas akan terhalang. Ada banyak hal-hal yang membuat kita kreatif saat sendiri seperti pengakuan para introvert. 

2. Tidak Menyusahkan Orang Lain
Para Introvert lebih memilih tidak bergantung pada orang lain dengan alasan lebih suka melakukan hal-hal mereka tanpa dicampur tangani oleh teman-teman mereka. Introvert juga bisa bangga terhadap diri sendiri dengan mengambil keputusan sendiri tanpa mengganggu pihak lain. Walaupun ada juga seorang introvert yang bergantung pada orang lain tapi hanya sedikit. 

3. Dapat Mencari Solusi Terbaik
Saat introvert mengalami suatu permasalahan, mereka lebih memilih untuk menyendiri dan pergi ke tempat yang tenang untuk memikirkan solusi terbaik bagi dirinya. Ketenangan adalah kunci dari pemikiran solusi mereka. Itulah mengapa introvert kebanyakan benci dengan keramaian karena membuat mereka tidak bisa berpikir baik. 

4. Dapat Mendinginkan Kepala
Kebanyakan yang menyebabkan seorang menjadi introvert adalah karena bisa mendinginkan kepala mereka terhadap gangguan luar yang sering menyebabkan mereka stres, kebanyakan pikiran dan melelahkan. Oleh karena itu, mereka memilih sendiri dan menutup agar pikiran dan tenaga mereka fresh dari sebelumnya karena dapat melakukan hal-hal yang mereka senangi tanpa gangguan. 

5. Berorientasi Pada Tujuan Sebenarnya
Seseorang yang introvert memilih sifat tersebut karena ingin menggapai sesuatu secara optimis dan tanpa halangan apapun. Sendirian membuat kamu membuka kembali pemikiranmu tentang apa sebenarnya tujuanmu melakukan kegiatan yang telah kamu lalui dan memikirkan juga strategi untuk meraih impian. Begitulah kebanyakan pemikiran para introvert. 

6. Membereskan Urusan yang Tertunda
Introvert menyendiri juga karena memiliki urusan yang sangat penting daripada kebanyakan orang. Mereka lebih memilih sendiri karena tidak mau merepotkan urusan pribadinya dengan orang lain. Dengan kesendirian itulah mereka dapat menyelesaikan urusan pribadi yang tertunda sebelumnya. 

7. Sering Dibohongi
Kebanyakan para introvert sering mengalami hal seperti ini, mereka selalu dibohongi oleh teman mereka, bahkan keluarga dan orang-orang terdekat mereka yang mereka percayai selama ini. Oleh karena itulah, mereka lebih memilih sendiri karena belajar dari pengalaman dan mungkin beberapa dari mereka trauma akan kejadian tersebut. 

8. Serba Salah
Seorang yang introvert dikenal sebagai orang yang serba salah dalam pergaulan. Mereka selalu salah dalam menjalankan apapun yang dianggap mereka benar karena mungkin berbeda dengan apa yang biasanya orang lain lakukan. Maka dari itulah alasannya mereka memilih sendirian. 

9. Benci Orang dan Lingkungan Pada Umumnya
Ini dia alasan yang mungkin dianggap oleh seorang introvert. Kebanyakan dari mereka punya suatu dendam ataupun masa lalu yang kurang baik hingga akhirnya membuat mereka kurang enak dengan yang sekarang. Kebanyakan dari mereka juga membenci orang pada umumnya yang saya tekankan disini orang yang bersifat zaman now seperti ini yang tidak taat aturan. Mereka juga membenci lingkungan sekitar karena tidak sesuai harapan mereka seperti contohnya di negara Jepang yang bersih dan sebagainya. 

10. Bersosialisasi = Membuang Waktu
Kebanyakan orang yang introvert memang menganggap ini sebagai dasar alasan mereka menjadi introvert. Mereka berpendapat bahwa melakukan hubungan sosial dengan pihak lain hanya membuang waktu mereka yang berharga seperti bersosial hanya membahas hal-hal tidak penting dan mempunyai teman yang mengarah pada hal-hal yang salah serta sebagainya. 

Itulah tadi beberapa alasan seseorang menjadi introvert. Apapun alasannya kita tidak boleh menyalahkan mereka yang bersifat seperti itu karena belum tentu kita benar. Kebalikan dari introvert yaitu adalah ekstrovert yang lebih membuka diri pada dunia luar. Mungkin ada banyak lebih alasan menjadi introvert tetapi saya hanya bisa membagikannya beberapa saja. 

Intinya, mereka introvert dengan alasan dapat berpikir kritis, kejadian masa lalu, lebih menyukai ketenangan, dan tidak ingin membuat orang lain rugi karenanya. Apapun alasannya kita tidak bisa menyalahkan seorang yang introvert. Saran saya, jika kamu memiliki teman introvert, tidak apa-apa. Malah lebih bagus lagi kamu menghargai mereka dan kalau bisa dekati mereka dan tanyakan masalah mereka dengan cara baik-baik. 

Baik, kurang lebihnya begitulah beberapa alasan seseorang introvert. Jika ada kesalahan saya mohon dimaafkan, kritik dan saran bisa disampaikan di komentar. Terima kasih telah membaca informasi ini. 

2 Responses to "Beberapa Alasan Seseorang Introvert"

  1. bener sekali gan, makanya semakin banyak orang menutup diri sekarang.

    salam www.teknologivirals.online

    ReplyDelete