Peristiwa Ledakan Dahsyat Tunguska Siberia, Salah Satu Misteri Besar Abad Ini


Bacakun | Dari sekian banyaknya peristiwa yang ada di muka bumi ini, baik dari masa lampu hingga kini ternyata masih ada saja suatu misteri didalamnya yang bahkan sampai sekarang belum bisa terjawab secara valid dan rinci. Bukan hanya peninggalan saja yang menjadi sebuah misteri, terkadang juga ada suatu penampakan makhluk asing, dan kejadian melampaui logika lainnya pula. Ada pula peristiwa ledakan dahsyat pada salah satu negara terbesar di dunia, tetapi belum terjawab secara pasti. 

Hai, kembali lagi membaca informasi di Bacakun! Semoga apa yang Anda baca kali ini dapat menambah wawasan Anda mengenai pengetahuan dan hal-hal terbaru, serta tidak lupa akan sejarah. Tepat tanggal ini, yaitu 30 Juni merupakan peringatan peristiwa ini yang ke-112. 

Peristiwa ini disebut "Tunguska" sesuai nama sungai yang terjadi. Sebuah ledakan besar dalam sejarah yang pernah terjadi di wilayah hutan Krai, Siberia, negara Rusia tahun 1908 silam. Dugaan kuat menyebutnya sebagai fenomena meledaknya asteroid atau meteoroid disekitar wilayah tersebut sebelum mencapai permukaan bumi. 

Dikatakan pula bahwa ledakan besar ini beekekuatan sekitar seribu kali lebih dahsyat dari bom atom yang pernah dijatuhkan Sekutu di kota Hiroshima dan Nagasaki Jepang saat fase akhir Perang Dunia II dulu. Ada juga yang menyebutnya penyebab dari peristiwa ini adalah karena pendaratan UFO, konspirasi uji coba senjata, dan sebagainya, namun semua itu terbantahkan. 

Kronologinya sebagai berikut. Awalnya terdengar suara angin yang berhembus sangat kuat, semakin lama terdengar suara hantaman dahsyat hingga seperti terjadi gempa bumi besar waktu itu. Tanah disekitar juga bergoyang dan terdapat ledakan hebat di tengah hutan. Walau begitu, tidak ada korban jiwa karena wilayah hutan tersebut yang sangat luas. 

Setelah kejadian tersebut, banyak data yang menyelidiki mengenai kasus ledakan misterius tersebut. Walau terdapat anggapan kuat terkait asteroid yang hancur sebelum sampai ke bumi, namun itu ternyata belum menjawab sepenuhnya. Jika memang benda angkasa jatuh ke hutan itu, seharusnya terdapat peninggalan benda yang ada maupun kawah, tetapi nyatanya tidak ditemukan sedikitpun. 

Pepohonan hingga fondasi lainnya di wilayah tersebut tumbang semuanya hingga membentuk seperti kawah, tidak tahu apakah kawah dari hasil jatuhnya benda langit itu atau hal lainnya. Banyak media yang menyebutkan dan sepakat itu peristiwa terkait logis mengenai asteroid, komet, batuan meteor yang jatuh. Meskipun begitu, semua media sepakat bahwa ini sebuah misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. 

NASA dan juga badan lainnya telah menyelidiki bahwa kejadian ini memang maaih ambigu kejelasannya, hingga mengubah struktur bumi jika dilihat dari luar angkasa. Memang jika dilihat dari wilayahnya terdapat di Rusia, salah satu negara besar bahkan terbesar tidak hanya secara geografis namun terdapat misteri didalamnya. 

Atas kejadian tersebut, pada hari ini tanggal 30 Juni dan setiap tanggal itu pula telah ditetapkan sebagai peringatan "Hari Asteroid" / Asteroid Day, meskipun ada kabar yang menyebutkan peristiwa tahunan ini tidak resmi. Mungkin ada pendapat lain? 

Terima kasih telah membaca informasi ini, bagaimana tanggapan Anda mengenai kejadian tersebut? Kira-kira apa yang sebenarnya terjadi? Sekian, salam Bacakun! 

0 Response to "Peristiwa Ledakan Dahsyat Tunguska Siberia, Salah Satu Misteri Besar Abad Ini"

Post a Comment