Mengenal Sosok "Grigori Rasputin"


Bacakun | Grigori Rasputin atau nama aslinya adalah Grigori Yefimovich "Rasputin" adalah seorang tokoh yang melegenda pada masa-masa pemerintahan Tsar Nicholas II atau masa-masa akhir Dinasti Romanov

Grigori Rasputin merupakan tokoh penting yang berjasa pada masa Kekaisaran Tsar Nicholas II (sebelum dilengserkan akibat adanya Revolusi Rusia) beserta istri Tsar, yang bernama Tsarina Feodorovna, dan juga anak satu-satunya Sang Tsar yang bernama Tsarevich Alexei Nikolaevich yang mengidap penyakit hemofilia (penyakit darah yang tidak bisa membeku secara normal oleh trombosit). 

Grigori Rasputin (Григо́рий Ефи́мович Распу́тин, Rasputin berarti "orang bejat") lahir pada tanggal 22 Januari 1869 di Siberia, Rusia - meninggal pada tanggal 29 Desember 1916 di Saint Petersburg, Kekaisaran Rusia. Sebab kematiannya adalah banyak yang menyebutkan dia dibunuh dan ada juga yang menyebutkan bahwa dia bunuh diri

Grigori Rasputin adalah seorang biarawan yang bergelar Bapa Grigori, lainnya juga bergelar seperti The Mad Monk, The Black Monk dan sebagainya. Dia juga disebut seorang yang gila karena ajaran-ajarannya yang dapat menyembuhkan segala penyakit meskipun banyak yang berkata bahwa sebenarnya dia bukanlah seorang biarawan, dan sebenarnya dia adalah pemuja setan dan sebagainya. 

Grigori Rasputin sangat dekat hubungannya dengan Tsarina, Tsarina mengaku bahwa jika tidak ada Rasputin, dia tidak bisa menjalankan pemerintahannya dengan lancar. Rasputin juga mempraktikkan ajaran pencabulan dan mendoktrin pengikutnya bahwa dengan melakukan itu bisa menghapus dosa-dosa yang telah dilalui. 

Grigori Rasputin adalah orang yang berpengaruh pada Kekaisaran Rusia meskipun dia juga dituduh sebagai salah satu penyebab runtuhnya Dinasti Romanov oleh Kaum Bolsheviks (kaumnya Vladimir Lenin) yang menjadi cikal bakal berdirinya Uni Soviet. 

Kaum Bolsheviks

Grigori Rasputin dibunuh di rumah salah satu tokoh penting di Kekaisaran Tsar Nicholas II, yang bernama Felix Yusupov akibat tertembak sebanyak 3 kali tembakan dan tendangan jarak dekat yang mengarah ke dahinya yang telah direncanakan sebelumnya. Tidak ada seorangpun yang tahu kejadian sebenarnya di rumah Felix Yusupov ini kecuali sang pemilik rumah beserta rekan-rekan pembunuhan Grigori Rasputin ini. 

Felix Yusupov

Grigori Rasputin sebelum ditembak, ada yang menyebutkan bahwa dia diracun dahulu sebanyak 2 kali, namun tidak berpengaruh. Setelah dipastikan meninggal saat tembakan ke-3, jasad Grigori Rasputin dibuang ke sungai beku, tepatnya Sungai Nevka Malaya. Setelah jasadnya ditemukan dan dikubur, para tokoh yang tidak menyukainya akhirnya membakar jasadnya agar para pendukung lamanya tidak berziarah ke makam itu. 

Keluarga Tsar Nicholas II

Setelah kematian Grigori Rasputin, Tsar Nicholas II beserta keluarganya dipaksa turun tahta dan dibunuh oleh Kaum Bolsheviks pada sekitar tanggal 16 - 17 Juli 1918. 

0 Response to "Mengenal Sosok "Grigori Rasputin""

Post a Comment