Kenapa Wibu Bau Bawang?


Bacakun | Wibu atau weaboo, weebs atau istilah ilmiahnya Japanofilia merupakan kata yang merujuk pada panggilan seseorang yang menyukai hal-hal yang mengenai Jepang, mulai dari bahasa, budaya, dan semua tentang sangkut paut negara itu. Jadi, tidak hanya suka game dan anime saja ya! 

Saya menulis postingan ini agar kita bisa mendiskusikan bersama (harapan saya) mengenai mengapa wibu bisa dipanggil bau bawang. Apa hubungannya dengan bawang? Bukannya tumbuhan umbi yang bisa digunakan serba guna? Tenang, saya jelaskan. Jika saya salah menyebutkan alasan-alasan berikut ini, mohon pembenarannya, bisa jadi punya opini lain. Ok? 

Saya dapati dari berbagai sumber di internet maupun opini orang-orang, ada berbagai alasan mengenai wibu bisa dipanggil seseorang yang berbau bawang. Salah satunya, karena pada tahun dulu ketika vocaloid sedang hype, wibu identik dengan vocaloid. Vocaloid yang terkenal misalnya Hatsune Miku. 

Hatsune Miku pernah bergaya sambil membawa daun bawang. Ya, sejak saat itulah bisa jadi mengapa kaum wibu disebut bau bawang. Alasannya ya memang karena kebanggan mereka, yaitu Hatsune Miku. 


Terlepas dari bukti kuat tersebut, dari segi pandang lainnya yang bukan penggemar vocaloid, ternyata ada alasan lain yang logis dan nyeleneh pula. 

Seperti wibu dikatakan bawang karena jarang atau tak pernah memakai parfum, deodoran, dan sebagainya sehingga tubuhnya bau menyengat seperti bau bawang, begitu lah. 

Alasan lainnya yaitu jarang mandi karena kebanyakan menghabiskan waktu bermain game dan menonton anime, ditambah lagi di kamar (sering disebut no life / nolep) menyebabkan tubuhnya tak terawat. Hal itu yang melandasi kenapa disebut bau bawang. 

Ada alasan yang nyeleneh nih, dikatakan wibu itu bau bawang karena kebanyakan wibu itu suka merayu seseorang, apalagi merayu cewek padahal tidak sadar akan usia dan apa yang mengenai mereka kurang, dan sering komunikasi hanya lewat internet. Hal tersebut mengganggu sang target hingga menyebut keberadaan mereka seperti bau yang suka mengganggu, dasar bawang! 

Bagi yang sering datang ke event Jejepangan atau J-fest, apalagi generasi 2017 / 2018, mungkin dari kalian sudah tahu bahwa yang mengedarkan sebutan 'wibu bau bawang' itu adalah orang yang bernama Ericko Lim. 

Ericko Lim ketika sedang menanyai seseorang saat berada di J-fest, mengatakan kenapa wibu baunya pada menyengat, gak pake deodoran, jarang mandi hingga disebut 'bau bawang'. Mungkin begitu ya, correct me if i wrong! 

Ericko Lim sendiri dikenal dengan seorang yang eksentrik, gamer, youtuber yang juga menyukai Jepang. Hal itu dibuktikan ketika dia dulu pernah cosplay youtuber komedian asal Jepang, Pink Guy. 



Ya, mungkin itu tadi opini-opini yang mungkin bisa menjadi fakts yang telah saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, kalau saya ada salah maka mari kita berdiskusi bersama untuk menemukan kebenaran lebih lanjut. Terima kasih, arigatō! 

0 Response to "Kenapa Wibu Bau Bawang? "

Post a Comment